HONDA TIGER REVO 2007 (SANGGAU KAPUAS)

Diposting oleh Zul Amri, SE On 00.15






MV Agusta Revo

Motor ini berasal dari kabupaten, Sanggau Kapuas, yang jaraknya 3 jam perjalanan dari Pontianak, Kalimantan Barat. Meski berada di daerah yang jauh dari pusat kota, coba lihat hasil modifnya. Tak kalah sama bikinan builder kota besar. Baik dari segi konsep maupun detail pengerjaan. Nyaris tanpa cela.

"Idenya khusus untuk bagian bodi dan buntut kita ambil dari MV Agusta, kemudian dikawinkan dengan beberapa bagian bodi yang masih aslinya Tiger Revo," kata Willis Halim, sang builder. Untunglah perkawinan ini sukses sehingga motor jadi enak dilihat. Seluruh bodi baru ini dibuat menggunakan fiberglass.

Bagian asli Tiger Revo yang masih dipertahankan misalnya pada shroud atau sayap tangki. Masih asli tapi dipermanis di bagian sirip. "Sirip ini dibuat lebih terlihat dengan ukuran yang agak tebal dan diberi warna kontras," kata Willis lagi.

Sementara itu bagian buntut yang rada nungging murni permainan fiber. "Jadi rangka memang sama sekali tidak diubah. Kita murni main fiberglass," kata pria yang juga ketua Sanggau Tiger Club (SGTC) ini.

Ada plus minusnya sih, untungnya rangka masih orisinal. Tapi negatifnya kalau terlalu banyak fiberglass, maka bodi motor juga akan bertambah secara signifikan.

Pada bagian sekitar karburator ada penambahan yang unik. Ada semacam tabung yang dicat hitam-oranye. "Itu rumah untuk saringan udara. Kita custom menggunakan fiber," lanjut pria 27 tahun ini.

Trik itu termasuk jitu karena selain memperhatikan fashion, secara fungsional jelas sangat bermanfaat. Iya bisa tetap menyaring debu. Sehingga debu dan kotoran bisa tetap disaring dengan baik.

Begitu juga di bagian depan engine. Mesin yang aslinya hanya berpendingin udara coba dikawinkan dengan pendi ngin air. Pemasangannya juga enggak asal karena tetap memperhatikan unsur estetika. Dipermanis lewat penutup berlabel HKS.

Unsur kenyamanan riding juga begitu diperhatikan. Sebagai ketua komunitas yang hobi turing maka Willis tau banget supaya motor tetap nyaman di soal pengendalian. "Karena itu pakai setang lebar biar handling tetap sip," kata peturing yang tengah mempersiapkan acara akbar berkunjung ke Malaysia. "Turing lintas negara,” bangganya.

LAMPU REVO

Ada inovasi yang diaplikasi secara jitu oleh Willis. Coba tengok pada desain head lamp-nya. Dengan bentuk futuristik dilengkapi semacam visor di bagian atas. “Ini murni desain sendiri karena patokannya harus sesuai ubahan bodi juga," ceritanya tentang ide ini.

Sementara itu untuk batok lampu sendiri merupakan hasil comotan dari Honda Revo. "Kebetulan gampang didapat dan modelnya cocok. Selain itu untuk lampu diusahakan masih pakai punya Honda karena itu salah satu identitas atau ciri utama dari motor ini," cuap pria ramah ini.

Oh ya, untuk seluruh pengerjaan pengecatan diserahkan pada bengkel Colourtranz yang pernah nongol di rubrik profilnya Em-Plus. Sip!


DATA MODIFIKASI

Pelek : Aprilia RS125
Ban depan : Battlax 110/70-17
Ban belakang : Battlax 150/60-17
Swing arm : Suzuki GSX 400
Radiator : Jupiter MX
Wahana Motor : 0811-570-2151

0 komentar

Posting Komentar

******************************************